PENERAPAN PENDIDIKAN

Cakar marut pendidikan di wilaya propinsi maluku utara. menjadi perdebatan dan perhelatan bagi kalangan aktivis maupun cendekiawan. berbagai problematika yang terjadi diberbagai aspek terutama pendidikan, ekonomi, politik dan budaya. pemerintah harus memperhatikan pendidikan yang ada di wilaya propinsi maluku utara, sebab berkembangnya suatu daerah atau suatu bangsa bukan dilihat dari aspek pembangunan secara fisik, tetapi salah satu konsep pembangunan yang harus diperhatikan adalah pengembangan sumber daya manusia, karena potensi sumber daya manusia menjadi salah satu konsep pembangunan yang harus  di prioritaskan oleh pemerintah. agar tercapainya kepribadian yang mandiri serta rasa tanggung jawab terhadap masyarakat.

Ketertinggalan perguruan tinggi maupun pelajar tidak sesuai dengan cita-cita yang diamanatkan dalam undang-undang 1945 dimana pemerintah mengeluarkan undang-undang No 2 tahun 1984 tentang sistem pendidikan nasional ( National education System) yang mengisyaratkan bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan yang layak, tetapi saat ini yang terjadi di negara maupun dari daerah tidak ada sama sekali, pendidikan itu hanya berlaku kepada orang-orang yang memangku jabatan atau yang ada di pemerintahan. sehingga pendidikan tidak sesuai dengan marwa yang telah diamanatkan dalam undang-undang 1945.

Pemerintah harus merumuskan satu gagasan untuk mencapai cita-cita bangsa dan negara. karena disitulah bangsa dan negara akan terbentuk dialektika dan karakteristik yang baik diberbagai bidang karena sesuai dengan sistem pendidikan yang telah diamanatkan oleh undang-undang. yakin dan percaya bahwa pendidikan itulah yang mengantarkan bangsa dan negara maupun daerah untuk mampu bersaing dengan negara lain sesuai dengan tatangan Zaman Globalisasi. Karena yang menjadi hambatan sekarang adalah pemerintah tidak memberikan fasilitas yang lengkap, contohnya seperti komputer, buku dan lain-lain, padahal yang kita tahu bahwa pemerintah mempunyai tanggung jawab penuh untuk mengembangkan dan memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menunjang tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk kemajuan peradaban serta kesejahteraan umat manusia,

Mencapai kualitas pendidikan yang baik. maka, pemerintah harus merubah polah dalam proses pembelajaran sesuai dengan tantangan zaman sekarang. agar menuju insan cita yang kompetitif. maka perlu ada evaluasi dari pemerintah itu sendiri. Penerapan pendidikan harus sesuai dengan perkembangan teknologi yang saat ini menjadi wacana internasional, karena penerapan pendidikan harus sesuai dengan mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnnyapotensi didik agae menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa , berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif mandiri, dan menjadi warga negara yang demokrasi serta bertanggung jawab.  apalagi dunia saat ini, semua masyarakat telah menggunakan sistem berbasis komputer dan internet untuk membantu manusia dalam dunia pekerjaan. karena komputer dan internet akan memberikan kemudaan untuk memperoleh data yang cepat. sehingga pekerjaan manusia bisa tercapai dengan efektif dan efesiensi. oleh karena itu, pemerintah harus lebih jelih melihat kondisi pendididikan saat ini yang diterapkan diindonesia. karena pada prinsipnya anak didik maupun mahasiswa mamapu mempertanggung jawabkan semua ilmu yang didapatkan diberbagai instansi pendidikan agar  mampu menjawab tantangan sosial.
(Penulis : Sitopo Kader)

Comments

Popular posts from this blog

PELANTIKAN DAN DISKUSI PUBLIK

WAKIL RAKYAT BUKAN MEWAKILI RAKYAT UNTUK MAKAN UANG-NYA

NEOLIBERALISME DAN LINGKUNGAN YANG TERGADAIKAN