PEMIMPIN BARU HARAPAN MASYARAKAT HAL-TENG

Pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah kabupaten halmahera tengah pada tanggal 15 februari 2017 dinyatakan telah usai, hal ini ditandai dengan ditolaknya gugatan Pemohon Muttiara Kabir pata putusan dismisal tanggal 3 april 2017 oleh Mahkamah Konstitusi.

Saat ini telah lahir sosok pemimpin baru yang akan menahkodai bahtera kabupaten halmahera tengah 5 (lima) Tahun akan datang. Sebagai apresiasi buat Bapak Drs. Edi Langkara, M.H dan Bapak Ibrahim Odeyani, S.H.,M.H yang telah diberikan mandat sebagai bupati dan wakil bupati halmahera tengah periode 2017-2022, maka ini sebagai bentuk ingatan kepada kita semua tentang komitmen yang telah disampaikan pada saat kampanye. Kemenangan ERA Fagogoru (Elang-Rahim) adalah kemenangan masyarakat halmahera tengah pada umumnya.

Masyarakat telah selesai melepaskan hak kedaulatannya kepada pemimpin yang akan membawa kesejahteran dan keadilan dibumi Fagogoru. Kondisi masyarakat hari ini, membutuhkan sentuhan pembangunan baik secara fisik maupun nonfisik yang menjadi kebutuhan mendasar dalam kehidupan sehari-hari agar tercapainya kehidupan masyarakat yang lebih maju dan lebih baik lagi dari sebelumnya.

Membangun daerah kabupaten halmahera tengah tanpa diskriminatif adalah bagian dari suksesnya pemerintah ERA Fagogoru (Elang-Rahim). Karena pada prinsipnya masyarakat akan menilai pembangunan sebagai bahan evaluasi dari periode ke periode kepemimpinan sebelumnya. Olehnya itu, hadirlah sosok Drs. Edi Langkara, M.H dan Abdurahim Odeyani, S.H.,M.H sebagai solusi bagi masyarakat untuk kesejahteraan dan keadilan di negeri fagogoru. Demi tercapainya kesejahteran dan keadilan di negeri halmahera tengah yang bersih dan berwibawah tanpa ada pilih kasih maka masyarakat akan memvoniskan sebagai Human Development yang adil dan bijak .

“SAATNYA MEMBANGUN HALMAHERA TENGAH BERSAMA ERA FAGOGORU”

Komitmen Pemerintah Tahun 2017-2022

Membangun kabupaten halmahera tengah oleh Bapak Drs. Edi Langkara, M.H dan Bapak Ibrahim Odeyani, S.H,.M.H akan fokus pada lima kebijakan untuk memenuhi komitmen utama, yaitu:

1) Meningkatkan infrastruktur dan menuntaskan persoalan kebutuhan dasar (rumah sehat, air bersih dan saritasi lingkungan, listrik, telkomunikasi dan transportasi);

2) Menyediakan pendidikan dan kesehatan yang berkualitas untuk masyarakat.

3) Peningkatan ekonomi rakyat dan menjadikan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia di halmahera tengah sebagai basis utama pembangunan ekonomi daerah.

4) Memantapkan pelayanan publik oleh pemerintah daerah

5) Peningkatan penegakan hukum dan HAM yang berlandaskan falsafah Fagogoru. 

VISI

Dari 5 (lima) komitmen tersebut, maka VISI pembangunan dari ERA (Elang-Rahim) lima tahun kedepan, adalah

“HALMAHERA TENGAH MAJU, SEJAHTERA BERLANDASKAN FALSAFAH FAGOGORU”

Maju, adalah sikap dan kondisi masyarakat halmahera tengah yang mampu memenuhi kebutuhan hidup lahir dan bathin yang lebih baik dengan mengandalkan kemampuan dan kekuatan sendiri, mampu mememanfaatkan peluang serta dapat menjawab tantangan yang ada dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan.

Sejahtera, adalah kondisi masyarakat yang sehat dalam artian jasmani, rohani, ekonomi, sosial budaya dan rasa aman. Dalam pengertian ini, masyarakat sejahtera juga direpresentasikan oleh eksisinya pemerataan dan keadilan dalam proses pembangunan. Sehat secara jasmani diperlihatkan oleh tingkat pembangunan secara fisik dan diukur dalam bentuk rentangan usia harapan hidup. Sehat secara rohani diperlihatkan oleh ketentraman secara bathiniah dan diukur dalam bentuk kecerdasan religius, emosional dan intelektual dengan indikator keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan yang maha Esa, memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi.

Fagogoru, suatu falsafah hidup masyarakat kabupaten halmahera tengah yang senantiasa mencerminkan nilai-nilai kearifan lokal (Ngaku Rasai, Budi Bahasa, Sopan re Hormat, Mtat re Miimoi) yang mencirikan saling menghormati, menyayangi, ramah lingkungan, taat kepada hukum, toleransi antara sesama, solidaritas sosial yang kuat serta menghargai nilai-nilai yang berkembang dalam masyarakat dengan mengukuhkan sikap terbuka kepada semua pihak untuk hidup berkembang tanpa diskriminatif.

MISI

Sebagai masyarakat fagogoru yang memegang teguh nilai-nilai budaya, maka diharapkan seluruh aspek pembangunan harus disandarkan pada spirit untuk meningkatkan keimanan dan kelestarian adat istiadat. Maknanya adalah semangat fagogoru dan nilai-nilai agama teraktualisasi dalam kehidupan sehari-hari, pada kehidupan antara suku dan agama. Dengan tetap menghormati perkembangan kebudayaan daerah lain. 

Dari VISI dan Misi diatas maka untuk membangun kabupaten halmahera tengah membutuhkan semua elemen untuk terlibat langsung dalam pembangunan demi terwujudnya program kerja ERA Fagogoru (Elang-Rahim). Masyarakat harus mendukung penuh program pembangunan yang akan dilaksanakan oleh bupati dan wakil bupati terpilih, agar tersuksenya kesejahteran dan keadilan bagi masyarakat. Untuk mencapai keadilan dan kesejahteran itu maka sudah menjadi kewajiban bagi Masyarakat, Mahasiswa dan Pemuda agar tetap kontrol program kerja pemerintah kabupaten halmahera tengah periode 2017-2022. 

Penulis : Kadir Sitopo
Aktivis HMI Jakarta Pusat Utara.
(Mr/St).

Sumber Media:
http://sinartimur.com/2017/04/12/aktifis-halmahera-tengah-apresiasi-kemenangan-era-bupati-dan-wakil-bupati-halteng/

Comments

Popular posts from this blog

PELANTIKAN DAN DISKUSI PUBLIK

WAKIL RAKYAT BUKAN MEWAKILI RAKYAT UNTUK MAKAN UANG-NYA

NEOLIBERALISME DAN LINGKUNGAN YANG TERGADAIKAN